Kampus Militer

Beranda » Kapabilitas Militer » Alutsista Trimatra

Alutsista Trimatra

Peringkat Kepemilikan Alutsista Darat, Laut, dan Udara di Asia Tenggara per 2015

Pengelompokan alutsista darat meliputi senjata infantri anti tank dan senjata infantri anti pesawat, hal ini mempertimbangkan bahwa senjata tersebut sangat memperkuat infantri mekanis. Sishanud strategis berbasis darat dikelompokkan sebagai alutsista darat, terlepas dari apakah komando dipegang oleh Angkatan Udara atau Angkatan Darat.

Pada catatan senjata lain dimasukkan senjata-senjata basis darat yang mempengaruhi kapabilitas militer, atau yang dimiliki dalam jumlah besar oleh suatu negara. Rudal balistik anti kapal juga dimasukkan pada catatan ini, karena hanya Vietnam yang memiliki sistem tersebut: Bastion-P.

Pengelompokan alutsista laut termasuk heli berbasis laut, biasanya yang dioperasikan dari frigat, korvet, LPD, atau carrier. Hal ini karena heli tersebut menjadi bagian integral dengan kekuatan laut yang ditumpangi-nya. Demikian pula aset radar maritim udara (MPA, maritime surveillance, radar laut) dicatat dalam kategori alutsista laut karena fungsinya memperkuat kekuatan laut.

Khusus alutsista G550 AEW/Maritime Surveillance dicatat pada alutsista laut dan udara, karena fungsi-nya yang ganda. Untuk itu pada alutsista laut disebutkan radar maritim yang digunakan, sedangkan pada alutsista  udara disebutkan kedua jenis radar (udara dan laut) yang digunakan.

Heli selain yang berbasis laut dimasukkan sebagai kekuatan udara sebagai Rotary Transport / Close Air Support.

Beberapa pesawat transport militer tidak dimasukkan jika jumlah jenis pesawat banyak dan fungsi transport personnel biasa atau VIP transport dipandang kurang memiliki fungsi militer.

Untuk membaca tabel lebih jelas, tabel dapat di klik kanan, open-in-new-tab, kemudian dibesarkan dengan menekan control+ atau setting zoom browser.

Untuk keterangan per matra, klik link judul per matra.

A. Peringkat Kepemilikan Alutsista Darat di Asia Tenggara per 2015

Peringkat Kepemilikan Alutsista Darat di Asia Tenggara per 2015

B. Peringkat Kepemilikan Alutsista Laut di Asia Tenggara per 2015

Klik judul untuk melihat gambar tabel berukuran lebih besar dan penjelasan lebih lanjut.

 

Peringkat Kepemilikan Alutsista Laut di Asia Tenggara per 2015

C. Peringkat Kepemilikan Alutsista Udara di Asia Tenggara per 2015

Peringkat Kepemilikan Alutsista Udara di Asia Tenggara per 2015

MDCI adalah indeks kapabilitas pertahanan militer berdasarkan kemampuan negara-negara asing memproyeksikan kekuatannya ke wilayah Nusantara. MDCI disusun oleh partisipasi independen swadaya rakyat Indonesia: kampusmiliter.com, dengan alamat publikasi di kampusmiliter.wordpress.com dan kampusmiliter.blogspot.com.


Tinggalkan komentar